ini foto bersama ku dengan peserta diklat ICT di Padang

Jumat, 28 Oktober 2011

RPP Sosiologi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

A.  Identitas :
Nama Sekolah                    : SMA N I PAYUNG SEKAKI
Mata pelajaran                    : SOSIOLOGI
Kelas, Semester                  : XI / 2 (Genap)
Standar Kompetensi           : Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multicultural
Kompetensi Dasar             : Mendescripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat         multikultural
Indikator                             :
o   Menjelaskan kelompok sosial
o   Mengkalasifikasikan kelompok sosial            
Alokasi Waktu                    : 3 x 45 (1 x pertemuan)

B.  Tujuan Pembelajaran      :
Setelah mengikuti pembelajaran, diharapkan saiswa dapat            :
1.      Menjelaskan pengertian kelompok sosial
2.      Menjelaskan syarat-syarat kelompok sosial
3.      Menjelaskan cirri-ciri kelompok sosial
4.      Menjelaskan proses terbentuknya kelompok sosial
5.      Menjelaskan klasifikasi kelompok sosial

C.  Materi Pembelajaran       :
1.      Defenisi kelompok sosial
a.      Secara Etimologi
Kelompok sosial terdiri dari kata kelompok dan sosial, kelompok memiliki pengertian :
·         Sejumlajh orang yang saling berinteraksi sesua dengan pola yang telah mapan (Merton dalam Saptono)
·         Kesatuan orang yang memiliki kepentingan bersama dan memiliki beberapa landasan interaksi (Steward dalam Saptono)
·         Setiap kumpulan orang yang memiliki kesadaran bersama landasan interaksi           ( Harton & Hunt dalam Saptono)
Sedangkan kata sosial yang melekat pada kata kelompok itu menekankan bahwa istilah tersebut melibatkan seseorang atau kelompok orang (penekanannya pada manusia).
Jadi yang dimaksud dengan kelompok sosial adalah :

Ø  Sesuatu kumpulan orang-orang yang mempunyai hubungan dan saling berinteraksi satu sama lain dan dapat mengakibatkan tumbuhnya perasaan bersama.
Ø  Sejumlah orang yang memiliki norma-norma, nilai-nilai dan harapan-harapan yang sama, yang secara sengaja dan teratur saling berinteraksi dan mempunyai kesadaran diri sebagai angota kerlompok yang diakui oleh pihak laur kelompok.
b.      Menurut para Ahli
·           Josseph S. Roucek dan Roland S. Warren
Kelompok sosial adalah suatu kelompok yang meliputi dua atau lebih manusia yang diantara mereka terdapat beberapa pola interaksi yang dapat dipahami oleh para anggotanya atau orang lain secara keseluruhan. 
·           D.A. Wila Hucky
Kelompok sosial adalah suatu unit yang terdiri atas dua orang atau lebih yang saling Sberinteraksi satu sama lainnya.
·           Mayor Polak
Kelompok sosial adalah suatu grup, yaitu sejumlah orang yang saling berhubungan satu sama lain dan antar hubungan itu bersifat sebagai struktur sosial.

c.       Ciri – ciri Kelompok Sosial
Dalam proses pembentukan suatu kelompok sosial terdapat beberapa cirri dasar yang dikemukakan oleh D.A. Willa Hucky, diantaranya :
·      Angota kelompok paling sedikit terdiri atas dua orang dan dapat terus bertambah jumlahnya, dan orang ini haruslah orang yang dapat memberikan respon mental.
·      Adanya saling interaksi dan komunikasi diantara para anggotanya. Karena komunikasi satu arah tidak membentuk interaksi dalam kelompok.
·      Kelompok - kelompok itu bias bersifat jangka panjang maupun jangka pendek.
·      Minat dan kepantingan bersama merupakan factor pembentuk terjadinya kelompok, namun hal ini tidak terjadi secara mutlak.
d.      Syarat Kelompok Sosial
Setiap kelompok manusia tidak selalu dinamakan dengan kelompok sosial, karena sebuah kelompok sosial memerlukan beberapa persyaratan, diantaranya :
·      Adanya kesadaran dari setiap anggota kelompok, bahwa mereka merupakan bagian dari anggota kelompok tersebut.
·      Adanya hubungan timbal balik antara anggota yang satu dengan anggota yang lain.
·      Ada satu factor yang dimiliki bersama, sehingga hubungan antra mereka bertambah erat, factor itu dapat berupa nasib yang sama, kepentingan yang sama, selain itu faktor memiliki musuh yang sama, juga biasa menjadi factor penentu.



·      Berstruktur, berkaidah dan mempunyai pola prilaku.
·      Bersistem dan berproses.

2.      Proses Terbentuknya Kelompok
Menurut Merian Syofyan Arif,proses terbentuknya kelompok ditentukan oleh dua dimensi, yaitu hubungan personalia dan fungsi tugas anggota kelompok, melalui hal itu dapat diketahui bahwa pertumbuhan dan perkembangan kelompok dapat dilakukan melalui beberapa fase, diantaranya :
a.       Fase terbentuk atau fase orientasi kelompok
Setiap individu yang membentuk kelompok memiliki kepentingan yang sama, namun akan tetapi belum memiliki pemahaman mengenai hal apa yang aharus dilakukan sebagai anggota, apa perana yang harus dijalani, apa tujuan dari kelompok tersebut dan tidak memiliki pemahaman mengenai hak dan kewajibannya ( setiap individu yang terlibat belum memahami hakekat dari kelompok tersebut).
b.      Fase tersusun setiao individu yang tergabung membentuk sebuah kelompok, telah mulai melakukan pencarian bentuk hubungan diantara mereka yang sama – sama menjadi anggota kelompok. Diawalai dengan mencari sosk / figure seorang yang akan disajikan pemimpin dari kelompok dari kelompok yang memiliki visi dan misi kemajuan dan kelanggengan dari kelompok tersebut, dan dalam hal ini konflik telah mulai terjadi dalam menentukan skala prioritas.
c.       Fase terfokus
Kelompok telah mulai memikirkan solusi dari permasalahan yang timbul, adanya komunikasi dan kerjasama dari pada anggota kelompok untuk mencarikan jalan keluar permasalahan tersebut. Dari kejadian ini timbul pemahaman bagi setiap anggota kelompokbahwa mereka memiliki satu tujuan yang sama sebagai anggota kelompok, sehingga untuk mencapai tujuan tersebut setiap anggota kelompok harus bekerjasama dan memiliki rasa solodaritas terhadap sesama anggota.
d.      Fase Dewasa
Pada tahap ini suatu kelompok telah memiliki nilai dan norma yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kegiatan kelompok. Selain itu anggota kelompok mulai melakukan kegiatan  komunikasi sehingga tidak akan terjadi salah persepsi atau salah paham diantara mereka.
                        Sementara itu, menurut Solita proses terbentuknya kelompok sosial, proses pembentukan kelompok diawali dengan adanya perasaan atau persepsiyang sama dalam memenuhi kebutuhan. Setelah itu akan timbul motivasi untuk memenuhinya, sehingga ditentukanlah tujuan yang sama dan akhirnya interaksi yang terjadi akan membentuk sebuah kelompok. Pembentukan kelompok dilakukan dengan menentukan kedudukan kedudukan masing-masing anggota (siapa yang menjadi ketua atau anggota).
Interaksi yang terjadi suatu akan memunculkan perbedaan antara individu satu dengan lainnya sehingga timbul perpecahan (konflik). Perpecahan yang terjadi biasanya bersifat sementara karena kesadaran dari pentingnya kelompok tersebut, sehingga anggota kelompok berusaha menyesuaikan diri demi kepentingan bersama. Akhirnya setelah terjadi penyesuaian, perubahan dalam kelompok mudah terjadi.

3.      Klasifikasi Kelompok Sosial
Kelompok sosial dapat dibagi kedalam dua kategori, diantaranya :
A.    Kelompok Sosial yang Teratur
Dalam kelompok sosial yang teratur dapat dibagi kedalam beberapa tipe diantaranya :
1.         Klasifikasi kelompok sosial berdasarkan jumlah anggota
·      Dyad
·      Tryad
·      Kelompok Kecil
·      Kelompok Besar
2.         Klasifikasi kelompok sosial berdasarkan makna kelompok bagi anggotanya
·      Kelompok Primer
·      Kelompok Sekunder
3.         Klasifikasi kelompok berdasarkan sifat anggota terhadap kelompoknya dan kelompok lain
·      In Grup
·      Out Grup
4.         Klasifikasi kelompok sosial berdasarkan sifat ikatan antar anggota
·      Gemenschaft (Paguyuban)
·      Gesellschaft (Patembayan)
5.         Klasifikasi kelompok sosial berdasarkan peran kelompok
·      Kelompok keanggotaan (Membership Group)
·      Kelompok acuan (Reference Group)
6.         Klasifikasi kelompok sosial berdasarkan struktur
·      Formal Group
·      Informal Group
7.         Klasifikasi kelompok sosial berdasarkan jenis pekerjaan
·      Kelompok okupasional
·      Kelompok volunter
8.         Klasifikasi kelompok sosial berdasarkan kesatuan tempat tinggal
·      Masyarakat setempat ( community )
·      Masyarakat pedesaan
·      Masyarakat perkotaan

D.  Metode Pembelajaran :
Ø  Ceramah
Ø  Tanya jawab
Ø  Penugasan

E.  Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah :
a)      Kegiatan awal (20 menit)
-          Absensi 
-          Apersepsi
-          Motivasi
-          Guru menyampaikan kopetensi dasar, indicator dan tujuan pembelajaran.
-          Guru memberi pengantar ruanglingkup tentang kelompok sosial ( ELABORASI)
b)      Kegiatan inti (95 menit)
-          Guru meminta beberapa orang siswa untuk berdiri kedepan dan membentuk kelompok (EKSPLORASI)
-          Guru meminta siswa lain memperhatikan teman mereka yang sedang berdiri didepan, dan meminta siswa tersebut untuk memberikan tanggapan.
-          Guru memperlihatkan gambar mengenai kelompok kepada siswa dan meminta siswa untuk memberikan komentar mengenai gambar tersebut.
-          Siswa menemukan konsep mengenai kelompok sosial
-          Siswa diminta untuk mengemukakan pendapat mengenai cirri-ciri kelompok sosial
-          Guru dan siswa menyamakan pesepsinya mengenai cirri-ciri kelompok sosial
-          Siswa bersama guru menemukan syarat terjadinya kelompok sosial
-          Siswa mencatat keterangan yang disampaikan oleh guru
-          Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahaminya, dan siswa bertanya kepada guru.

c)      Kegiatan Akhir (25 menit)
-          Siswa bersama guru menyimpulkan pelajaran
-          Mengadakan quis.
F.   Alat dan Sumber Belajar :
1.      Alat :
-          LKS sosiologi kelas XI
2.      Sumber Belajar :
-          Buku Sosiologi kelas XI
-          Horton, Paul B. 1991. Pengantar Sosiologi. Rhineka Cipta
-          Saptono.2007. Sosiologi SMA kls XI. Phibeta
-          Sunarto, Kamanto. 2004. Pengantar Sosiologi. FE-UI


-          Wuryanti, Nining. 2007. Pelajaran Sosiologi SMA kls XI. Arya Duta
-          LKS Sosiologi kelas XI

G. Penilaian :
1.      Lisan :
Penilaian ditentukan pada pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari dan pengetahuan mereka terhadap materi baik pengetahuan yang telah dimiliki maupun pengetahuan baru.
a.       Apa penertian kelompok sosial ?
b.      Sbutkan cirri-ciri kelompok sosial
c.       Sebutkan syarat-syarat kelompok sosial ?
d.      Sebutkan proses terbentuknya kelompok sosial ?
Format penilaian pengamatan :
No
Nama
Aspek yang diamati
Kerjasama
Prestsi
Laporan tertulis
A
B
C
D
A
B
C
D
A
B
C
D














 Keterangan :    A = 85 – 10
                         B = 75 – 84
                         C = 65 – 74
                         D = ≤ 65
 
2.      Tulisan :
-          Uji Kompetensi Tertulis
Soal :
1.      Tuliskan pengertian kelompok sosial  ?
2.      Tuliskan 3 buah Syarat-syarat kelompok Sosial ?
3.      Tuliskan 3 buah cirri Kelompok Sosial ?
4.      Sebutkan proses terbentuknya kelompok sosial ?
5.      Tuliskan macam-macam kelompok sosial ?










KUNCI JAWABAN :

1.      Kelompok sosial adalah orang-orang yang memiliki kesadaran bersama dan saling berinteraksi.
2.      Cirri-ciri kelompok sosial :
a.       Anggot kelompok paling sedikit terdiri atas dua orang.
b.      Adanya saling interaksi dan komunikasi diantara para anggota.
c.       Adanya minat dan kepentingan bersama.
3.      Syarat-syarat kelompok sosial :
a.       Adanya kesadaran dari setiap anggota kelompok
b.      Adanya hubungan timbal balik antara anggota yang satu dengan yang lainnya.
c.       Berstruktur, berkaidah dan mempunyai pola perilaku
4.      Sproses terbentuknya kelompok ;
a.       Fase terbentuk atau fgase orientasi kelompok
b.      Fase tersusun setiap individu yang tergabung membentuk sebuah kelompok.
c.       Fase terfokus
d.      Fase dewasa
5.      Kelompok sosial terbagi atas 2
a.       Kelompok sosial teratur
b.      Kelompok sosial tidak teratur terbagi 2 yaitu keruman dan public.

Penilaian tertulis

Bentuk sosial
Jumlah soal
Nomor soal
Skor maksimal
Skor perolehan
uraian
5
1
2
3
4
5
6
6
10
10
8
5
5
8
8
4



40
30

Nilai uraian :  X 10 = 75



Mengetahui,
Kepala Sekolah




FIRDAUS, S Pd
NIP. 19671231 199412 1 009
Kubang Nan Duo,    Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,




INDRIA FIRSTA,Z. S Pd
NIP. 19690729 200501 2 005




Tidak ada komentar:

Posting Komentar